Sistem Operasi Sejuta Umat "Microsoft Windows"

Sebelum masuk pada pembahasan tentang perkembangan Sistem Operasi Windows sendiri saya akan menceritakan sedikit penjelasan bagaimana Microsoft didirikan. Pada awalnya Bill gates dan Paul Allen merupakan tokoh yang membangun perusahaan bernama Microsoft, mereka adalah teman semasa kecil di Lakeside School, mereka berdua sama sama mempelajari dasar-dasar pemrogaman. pada tahun 1974 adalah peluncuran pertama PC yaitu altair 8800.

Gates dan Allen pada saat itu dihubungi oleh President dari perusahaan MITS dan diberi penawaran untuk mengembangkan bentuk microcompter menggunakan bahasa pemrogaman BASIC, untuk menoptimalisasi kinerja dari Altair 8800. Setelah sukses dengan pengembangan BASIC pada Althair 8800, Allen bergabung dengan MITS sebagai Director of Software, pada saat yang sama Bill gates memilih untuk drop out dari Harvard untuk mengikuti jejak Allen yang bergabung ke MITS.

Awal Sistem operasi 

Pada saat ketika awal penggunaan komputer, sistem operasi yang paling banyak dijumpai pada saat itu dikenal dengan nama DOS ( Disk Operating System ). ketika IBM mengembangkan Sebuah komputer, perusahaan tersebut bermitra dengan Microsoft untuk mengembangkan Sistem Operasi ekslusif untuk Komputer yang dikembangkan oleh IBM yang kemudian dikenal dengan nama PC-DOS. Setiap penggunaannya harus menggunakan perintah yang diketik dengan keyboard. Versi terakhir dari DOS sendiri adalah versi 6.2.2 yang sampai sekarang ini masih tetap ada pada versi windows terbaru.

Windows 1


Microsoft terus mengembangkan sistem operasinya agar lebih user-frindly yang tidak memerlukan untuk menghafal setiap perintah DOS untuk menjalankannya. Windows 1 dirilis pada 20 November 1985, sistem operasi ini memiliki fitur-fitur yang lebih memanjakan penggunannya dibandingkan dengan ms-dos yaitu mulai dari penggunaan drop-down menus, dialog box, scroll bars dan icons untuk mengeluarkan beberapa perintah. hal ini sangat memudahkan pengguna dibandingkan dengan menggunakan perintah-perintah MS-DOS. Windows 1 hadir dengan berbagai aplikasi seperti notepad, calender, calkulator, paint. Sistem operasi ini juga memuat 1 game.

Windows 2


Microsoft memperkenalkan kepada dunia versi baru sistem operasinya yaitu Windows 2 yang dirilis pada 9 Desember 1987. windows ini dibangun untuk memaksimalkan kinerja processor keluaran terbaru dari intel yaitu Intel 286. Windows 2 ini lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan versi windows sebelumnya. Desain dari windows 2 ini mengalami perubahan sehingga dapat meningkatkan kecepatan pengoperasionalan pada windows 2 ini. Kemudian windows 2 ini dikembangkan lagi oleh microsoft sehingga terdapat versi yang lebih optimal lagi dengan nama windows 2.03 yang mengoptimalkan kinerja dari processor 386 yang dirilis oleh intel.

Windows 3


Masih dengan menggunakan base processor yang sama seperti windows 2, yaitu Intel 386, Windows merilis versi ketiga dari sistem operasi andalan mereka ini. Memiliki kualitas peningkatan kecepatan yang lebih baik dan lebih optimal lagi dibandingkan dengan sistem operasi versi sebelumnya.

Sistem operasi ini menggunakan sistem grafis 26 bit, dan memiliki banyak sekali fitur tambahan yang sangat berguna. Fitur ini yang merupakan cikal bakal dari berkembangnya fitur – fitur Windows hingga saat ini, seperti Program Manager, File Manager, Print Manager, serta pengunaan icon – icon yang lebih baik dan lebih ditingkatkan utilitasnya.

Windows NT


Merupakan sistem operasi dari Windows yang berbasis kernel pertama yang diluncurkan. Peluncurannya mendampingi sistem operasi Windows yang berbasis DOS sebelumnya, yang juga diberi nama yang sama yaitu Windows 3.1. Memiliki kemampuan dan dukungan terhadap open GL, serta Netwae dan juga fitur print server.

Keunggulan lainnya dari windows 3.1 NT ini adalah penamaan file yang lebih panjang, hingga 255 karakter, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 8+3 karakter saja. Pada tahun diluncurkannya ini juga, yaitu tahun 1993, diklaim bahwa Windows NT 3.1 sudah terjual sebanyak lebih dari 25 juta lisensi, yang digunakan di seluuh dunia pada saat itu.

Windows 95


Microsoft kembali mengembangkan sistem operasi yang berbasis MS-DOS, maka Microsoft kemudian mengeluarkan sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 95. Windows 95 merupakan penyempurnaan dai Windows 92 (Windows 3.1) yang terintegrasi dengan TCP/IP, memiliki dukungan untuk melakukan akses internet, terutama menggunakan dial up networking, serta memudahkan user dalam menginstall software dan aplikasi tambahan. Menggunakan sistem 32 bit yang mana mampu meningkatkan kemampuan multimedia dan networking yang jauh lebih baik dan terintegrasi.

Konsep penggunaan start menu ala Windows yang masih digunakan hingga saat ini mulai diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95 ini. Dengan adanya start menu, maka user dapat dengan mudah mencari aplikasi yang akan dijalankan, dan menjadi jauh lebih cepat dalam melakukan akses terhadap sistem operasi Windows 95 ini.

Penggunaan Windows Explorer juga mulai diperkenalkan, serta memiliki tambahan Internet Explorer, untuk mendukung kebutuhan berinternet dari usernya, yang mana pada era 90-an, internet sudah banyak berkembang di seluruh dunia. (baca juga: sejarah jaringan komputer)

Windows 98


Untuk sebuah sistem operasi era 1990-an, Windows 98 seperti merupakan sistem operasi yang sangat baik dan mumpuni. Sistem operasi Windows 1998 ini mampu untuk bekerja dengan lebih baik, dan memiliki dukungan kompatibilitas terhadap banyak permainan. Pada era inilah, mulai banyak perusahaan dan developer game yang melirik bisnis PC Games secara serius.

Pada windows 98 ini pula, mulai disematkan banyak tambahan dukungan teknologi terbaru, seperti AGP, USB, Active Desktop, serta versi terbaru dari Internet Explorer yang lebih baik dan lebih cepat. Selain itu Windows 98 juga kompatibel dengan penggunaan DVD, sebagai media pembaca data di dalam DVD Rom nya.

Windows 2000


Merupakan pengembangan dari Windows NT 4.0, yang bisa juga kita kenal dengan nama Windows NT 5. Merupakan pengembangan super dari sistem operasi Windows NT 4.0. Memiliki base atau basis dari Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 pro memiliki kompatibilitasn dan kemudahan dalam melakukan akses terhadap jaringan, baik local maupun internet.

Windows ini juga mendukung berbagai macam perangkat keras yang plug and play, seperti USB, IEEE 1394, dan memiliki kemampuan menggunakan fitur infrared. Selain itu, pada Windows 2000 pro ini, juga terdapat kompatibilitas terhadap jaringan wireless, yang sangat memudahkan usernya dalam tehubung ke dalam jaringan.

Windows ME


Menyambut Millennium baru, Windows pun menerbitkan sistem operasi pengembangan Windows 1998 yang dikenal dengan nama Windows ME atau Millenium Edition. Merupakan sistem operasi yang dibuat untuk kebutuhan personal, dan merupakan sistem operasi yang memiliki banyak sekali fitur multimedia yang sangat lengkap, dan masih dikembangkan hingga saat ini.

Memiliki fitur Windows Movie Maker, Mindows Media Player, serta berbagai tambahan sistem multimedia lainnya. Windows ME merupakan sistem operasi Windows yang terakhir yang menggunakan basis Windows 95 dan 98, yang mana pada selanjutnya, akan digunakan basis Windows 2000 sebagai sistem operasi Windows yang akan dikembangkan selanjutnya.

Windows XP


Sepertinya Windows XP merupakan sistem operasi Windows yang paling populer di kalangan usernya, karena memiliki kompatibilitas yang luar biasa, serta mendukung banyak sekali aplikasi dan software tambahan. Sistem operasi yang menggunakan code basis Windows 2000 ini merupakan sistem operasi yang mengandalkan eXPerience, maka dari itu dikenal dengan nama Windows XP.

Sengaja dirancang dan dikembangkan untuk mendukung kebutuhan personal user maupun office user dalam menggunakan komputer, Windows XP memiliki beberapa produk, sesuai dengan kebutuhan.

Windows Vista


Microsoft merilis sistem operasi bernama windows vista pada tahun 2006. Sistem operasi ini berfokus untuk meningkatkan keamanan yang mana penggunaan laptop yang terus meningkat dimana microsoft ingin membenahi masalah keamanan pada windows pendahulunya. Microsoft membuat antivirus ekslusif untuk windows vista yang bernama windows defender. Microsoft juga menyematkan fitur baru yaitu User Account Control yang mana agar malware akan sulit untuk menembus firewall untuk mengubah pengaturan-pengaturan di sistem windows. Microsoft menyematkan fitur BitLocker Drive Encryption untuk meningkatkan keamanan data. untuk desain pada windows vista juga berubah drastis dan tampilannya yang modern, akan tetapi Windows Vista ini gagal menarik minat pasar sehingga bisa dikatakan sistem operasi yang buruk penjualannya atau penggunannya dalam sejarah microsoft.

Windows 7


Windows 7 adalah sistem operasi windows yang merupakan pembaruan dari Windows Vista. Apabila Windows Vista lebih sedikit digunakan, maka Windows 7 meupakan sistem operasi yang popularitasnya mengungguli Windows Vista. Bisa dikatakan, Windows 7 dan juga Windows XP adalah kedua sistem operasi Windows yang paling populer dan juga banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. windows ini juga mendukung penggunaan layar sentuh.

Sisem operasi Windows 7 ini diciptakan dan dikembangkan pada 2009, merupakan sistem operasi yang masih memegang pengembangan pada Windows Vista, namun lebih banyak focus pada pengembangan dasar Windows, sehingga membuat Windows 7 menjadi sistem operasi yang kompatibel dengan banyak aplikasi dan perangkat. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga menawarkan kemampuan grafis yang cukup baik.

Windows 8/8.1


Microsoft kembali meluncurkan terobosan baru dari sistem operasinya yaitu bernama Windows 8 yang dirilis pada oktober 2012. windows ini didesain agar lebih memudahkan perangkat yang menggunakan layar sentuh. Penerus dari Windows 7, yang agaknya kurang berumur panjang adalah Windows 8. Adik kandung dari Windows 7 ini dirilis pada tahun 2012. Dikatakan berumur pendek, karena hanya 2 tahun setelahnya, pembaruan terhadap Windows 8 sudah dilakukan, dimana Windows 8 digantikan oleh Windows 10.

Windows 8 memberikan perubahan massif dan juga signifikan pada tampilan GUI dan juga pengalaman menggunakan sistem operasi. Mulai dari penghilangan tombol start yang sudah dipertahankan sejak generasi awal Windows, hingga model tampilan dari menu dan juga user interface. akan tetapi microsoft banyak mendapatkan feedback negatif karena dihilangkannya tombol start menu pada windows, kemudian Microsoft memberikan update pada windows ini yang diberi nama Windows 8.1 akan tetapi para pengguna tetap tidak puas dengan apa yang telah microsoft lakukan pada Windows versi baru ini.

Windows 10


Dilurkan oleh microsoft pada tahun 2015, yang bisa dikatakan sebagai versi windows yang dikeluarkan oleh microsoft terbaik saat ini. dalam pengembangan sistem operasi ini, microsoft melibatkan para pengguna melalui Windows Insider Program. para pengguna Windows Insider diberikan versi preview dari pengembangan sistem operasi ini dan diminta untuk memberi tanggapan terhadap versi awal sebelum diluncurkan secara publik oleh microsoft melalui update terbaru. Windows 10 ini dikatakan oleh microsoft adalah versi Windows terakhir microsoft, namun bukan berarti microsft berhenti membuat Sistem Operasi, Microsoft berkomitmen akan terus melakukan pengembangan secara terus menerus pada windows 10 ini dan juga akan terus melibatkan para penggunannya dalam proses pengembangannya.

Fitur yang paling menarik dari Windows ini ialah fitur yang bernama Cortana. Cortana adalah asisten pribadi digital pertama yang dikembangkan oleh microsoft, fitur tersebut dapat berinteraksi kepada pengguna melalui media suara/microfone. pada update terbaru windows 10 ( Windows Creator Update build 1703 ) ketika melakukan instalasi Sistem operasi ini cukup berbicara dengan Cortana untuk memilih atau melanjutkan perintah perintah pada saat instalasi.

Pada sistem operasi ini microsoft menyematkan fitur game streaming bagi siapa saja yang memiliki konsol xbox one, caranya cukup mudah yaitu dengan cara mengkoneksikan konsol xbox one ke jaringan dalam 1 network yang sama dengan PC/laptop yang menggunakan windows 10, jadi anda dapat memainkan game yang ada pada konsol anda dimana saja (laptop/pc)

Kemudian fitur start-menu yang sangat ditunggu tunggu oleh para pengguna sistem operasi ini kembali disematkan microsoft yang sangat diapresiasi dan mendapatkan feedback positif dari para pengguna Windows. Pada update terbaru windows 10 ( Windows Creator Update build 1703 ) browser bawaan Windows 10 ini mendapat feedback positif dari para pengguna, para pengguna sedikit demi sedikit meninggalkan browser lain karena Microsoft Edge yang dinilai baik oleh para pengguna.

Sumber Bacaan:
https://www.techlila.com/windows-operating-system-history/
https://www.theguardian.com/technology/2014/oct/02/from-windows-1-to-windows-10-29-years-of-windows-evolution
http://www.pro.co.id/awal-sejarah-dan-perkembangan-microsoft-windows/

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Operasi Karya Anak Bangsa "GarudaOS"

Basic Input Output System (BIOS)